Minggu, 28 September 2014

THE GOOD LIE

Judul Film     : The Good Lie
Sutradara       : Philippe Falardeau
Pemain           : Reese Witherspoon, Corey Stoll, Karen Kehela Sherwood, Molly Mickler Smith
Durasi            : 92 menit
Tanggal Rilis : 3 Oktober 2014

Rasanya sudah cukup lama saya tidak menonton film Reese Witherspoon. Film terakhirnya yang saya tonton adalah Walk the Line (2004). Meski pasca film tersebut, Witherspoon masih bermain dalam beberapa film, namun sepertinya tidak ada yang cukup berkesan dan menarik untuk ditonton.

Nah, minggu ini film teranyar Witherspoon berjudul The Good Lie akan tayang di bioskop Amerika Serikat. Film yang naskahnya ditulis Margaret Nagle ini diangkat dari kejadian nyata yang pernah terjadi di Sudan.

Pada tahun 1998, perang saudara yang terjadi di Sudan telah menelan banyak korban jiwa. Dunia sangat prihatin atas kejadian yang terjadi di negara tersebut dan mencoba mengupayakan untuk menyelamatkan remaja, wanita, dan anak-anak yang terjebak dalam perang tersebut. Meski banyak pihak yang mengupayakan penyelamatan, namun karena dana yang terbatas, serta kondisi keamanan di Sudan yang tidak memungkinkan, maka tidak semua bisa ditolong.

Sebuah institusi non-profit mengadakan undian lotere bagi anak-anak korban perang Sudan. Pemenang lotere tersebut akan direlokasi untuk tinggal di Amerika Serikat. Dari undian tersebut terpilihlah 4 orang anak Sudan (diperani aktor muda kelahiran Sudan : Arnold Oceng, Ger Duany, Emmanuel Jal, dan Nyakuoth Weil). Carrie Davis (Reese Witherspoon) dan Jack (Corey Stoll) mendapat tugas ke Sudan untuk membawa keempat anak tersebut pindah ke Amerika Serikat.

Jelas perjalanan mereka tidak mudah. Selain harus berhadapan dengan tentara Sudan yang kejam, mereka harus mencari akal untuk bisa mengeluarkan keempat anak itu dari negara tersebut. Nyawa mereka menjadi taruhannya.


DO YOU KNOW? 
The Good Lie diproduksi oleh Alcon Studio, yang sebelumnya juga memproduksi film-film drama keluarga box-office The Blind Side dan Dolphin Tale.

Meski dikisahkan kejadiannya di Sudan, namun keseluruhan shooting film dilakukan di Atlanta, Georgia.

Kisah The Good Lie diilhami dari kejadian nyata perjuangan para misionaris Sudan yang membawa 3,600 orang anak dan remaja keluar dari Sudan menuju ke Amerika Serikat. Para anak korban perang saudara Sudan tersebut dikenal dengan sebutan The Lost Boys / The Lost Boys of Sudan. Perjalanan maut tersebut dilakukan dengan berjalan kaki sejauh ribuan kilometer.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar