Jumat, 26 September 2014

Classic Recommendation - Hell & Mr Fudge (2012)

Film ini telah meraih berbagai penghargaan dan mendapatkan respon yang positif dari para kritikus film. Selain karena tema yang diangkat film ini, juga berbagai hal dalam film ini yang membuatnya meraup pujian dari berbagai pihak, mulai dari alur cerita, akting, sinematografi, musik latar, dan lain-lain.

Diangkat dari kisah nyata, film ini mengetengahkan tentang kehidupan Edward Fudge (diperankan dengan sangat mengesankan oleh Mackenzie Astin), yang menjadi legenda dan tokoh yang dihormati di kalangan teolog dunia. Film ini diawali dengan masa kecil Edward, yang mana pada masa itu dia kehilangan seorang teman pembangkang akibat kecelakaan lalu lintas.

Sejak kematian temannya, itu, Fudge terus-menerus mempertanyakan : Bagaimana nasib temannya itu setelah mati? Apakah dia masuk ke neraka, karena kehidupannya yang kurang baik? Benarkah Neraka itu ada?

Pada tahun 1970, Fudge menjadi teolog yang berkotbah di sebuah gereja di Alabama. Sebagai pengkotbah, Fudge mengalami masa-masa berat saat dia mengutarakan pandangannya tentang Neraka yang diyakininya tidak ada. Semuanya didasarinya dari apa yang tertulis di Alkitab. Sontak pernyataannya itu menimbulkan kontroversi karena bertentangan dengan apa yang diyakini oleh teolog Kristen pada masa itu. Fudge tidak saja mengalami penolakan atas pemikirannya, tapi dia juga disisihkan dari lingkungan teolog dan Pembicara di Gereja.

Kondisi ini menghangat di akhir era 1970an, ketika Fudge diminta untuk melakukan riset tentang Neraka. Dan riset yang dilakukannya mengarah pada fakta yang semakin menguatkan pernyataannya bahwa Neraka itu tidak ada. Fakta ini menyulut perdebatan hebat antar teolog yang melegenda hingga hari ini.

Secara umum, Hell & Mr Fudge mengajarkan sebuah moral cerita tentang bagaimana cara pikir orang mempengaruhi tindakannya. Sutradara Jeff Wood dengan cerdas menampilkan sosok Edward Fudge yang pembawaannya santai namun tajam dalam berpikir dan berucap. Akting Mackenzie Astin pun sangat baik sehingga mampu membawa film yang "berat" ini menjadi cukup santai dan humoris.

Selain Mackenzie, film ini didukung pula oleh Keri Lynn Pratt, John Wesley Shipp, Eileen Davidson, Helen Ingebritsen, Christian Forutne, dan Sean McGowan. Film berdurasi 96 menit ini pertama kali ditayangkan di Amerika Serikat pada tanggal 7 Juli 2012.


ABOUT EDWARD FUDGE
Bernama lengkap Edward William Fudge, terlahir di Alabama pada tangal 13 Juli 1944. Dia dikenal masyarakat Amerika sebagai salah seorang Teolog Kristen dan juga Pengacara. Ayahnya adalah seorang penerbit buku Kristen dan Gembala Sidang Churches of Christ Alabama. Ibunya adalah anak dari misionaris di Afrika Selatan.

Edward adalah lulusan University of Houston College of Law di bidang Hukum. Selain itu, dia pun meraih gelar Master bidang Bahasa Alkitab di Abilene Christian University.

Selain bekerja sebagai Pembicara dan Pengacara, Fudge juga terkenal karena buku karyanya yang berjudul The Fire That Consumes (1982). Buku yang telah dicetak ulang berkali-kali ini berisi analisa tentang doktrin penghakiman akhir zaman dan pengampunan yang termuat di Alkitab. Dalam buku itu juga, Fudge membuat perbandingan dengan memaparkan literatur non-bibel dari buku Second Temple Judaism (Apocrypha, Pseudepgrapha, dan Catatan Laut Mati) yang menjelaskan tentang penghakiman dari Bapa Apostolik, Bapa Ante-Nicene, Bapa Nicene, dan Bapa Post Nicene. Melalui bukunya itu, Fudge menyimpulkan bahwa tidak ada doktrin yang menjelaskan dengan konkret tentang adanya Neraka setelah kematian, sehingga dia meyakini kalau Neraka itu tidak ada.

Buku ini sangat kontroversi dan menjadi perdebatan dari para teolog hingga hari ini.


DO YOU KNOW? 
Shooting film ini sepenuhnya dilakukan di kota Athens, Alabama, antara bulan Juni - Juli 2011.

Edward Fudge diajak untuk mengikuti seluruh proses shooting berlangsung untuk memberi masukan kepada para kru dan sutradara.

Pada bulan April 2012, film ini meraih Platinum Award untuk kategori Christian Theatrical Feature Film di ajang Worldfest-Houston International Film Festival. Usai meraih penghargaan, Jeff Wood - Sutradara dan sekaligus produser film ini - merilis Hell & Mr Fudge secara internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar