Senin, 06 Oktober 2014

BOYHOOD

Judul Film     : Boyhood
Sutradara       : Richard Linklater
Pemeran        : Ellar Coltrane, Patricia Arquette, Lorelei Linklater, Ethan Hawke
Durasi            : 165 menit
Tanggal Rilis : 11 Juli 2014

Film ini bisa saya katakan sebagai film independen yang paling lama proses pembuatannya. Dibuat dalam kurun 12 tahun (diperani oleh para pemeran yang sama), film ini mengikuti pertumbuhan seorang anak kecil dari usia 6 tahun hingga 18 tahun. Selama itu, film ini memotret perkembangannya seiring dengan usia dan kondisi lingkungan di sekitarnya. Tidak ada rekayasa atau animasi komputer dalam film ini. Semuanya benar-benar alami dan apa adanya. Jadi sangat wajar jika saya harus angkat topi untuk film ini.

Film ini menyorot kehidupan Mason Evans Jr (diperani dengan sangat baik sepanjang 18 tahun oleh Ellar Coltrane), seorang anak yang hidup dalam keluarga broken-home. Diawali pada tahun 2002, saat Evans masih berusia 6 tahun tinggal di Houston bersama kakak perempuannya Samantha (Lorelei Linklater) dan ibunya Olivia (Patricia Arquette). Ayah mereka, Mason Sr (Ethan Hawke) tinggal di kota yang sama dan seminggu sekali mengunjungi keluarganya. Setiap kali bertemu, adu mulut selalu terjadi antara orang tua Evans.

Dua tahun kemudian, tahun 2004, Olivia bersekolah lagi. Dia berkenalan dengan salah seorang pengajar, Profesor Bill Welbrock (Marco Perella), kemudian menjalin hubungan intim, lalu menikah. Di masa ini, Evans dan kakaknya harus beradaptasi dengan keluarga baru mereka, yang ternyata tidak jauh lebih baik daripada saat Olivia masih bersama ayah mereka.

Tahun 2008, Olivia bercerai dengan Bill dan bersama Evans dan Samantha memulai hidup baru mereka di San Marcos. Di sana Olivia mengajar dan jatuh hati pada Jim (Brad Hawkins), salah seorang muridnya yang juga veteran Perang Iraq. Di masa ini, Evans mulai mengenai marijuana dan alkohol, serta mulai tertarik pada wanita.

Tahun 2010, Mason Sr menikah kembali dan mengajak Evans dan Samantha untuk mengenal istri dan keluarga barunya. Di sana, Evans berkenalan dengan Sheena (Zoe Graham) yang kelak menjadi kekasihnya. Pada masa itu, Evans menunjukkan ketertarikannya pada dunia fotografi dan mulai bekerja sebagai fotografer.

Tahun 2012, hubungan asmara Evans dan Sheena kandas. Meski dalam kondisi patah hati, Evans berhasil berprestasi dengan memenangkan Kontes Fotografi dan meraih beasiswa untuk kuliah.

Tahun 2014, Evans bersiap-siap untuk kuliah sehingga harus pindah. Setelah Evans pindah, Olivia kemudian menjual rumahnya. Di kampus, Evans punya kekasih baru bernama Nicole yang diperkenalkannya dengan ayahnya. Film diakhiri dengan perjalanan Evans dan kekasihnya ke Big Bend National Park untuk menikmati kebersamaan mereka. 

Transformasi Ellar Coltrane dari usia 6 tahun - 20 tahun
Film ini mendapatkan pujian bertubi-tubi dari para kritikus film di seluruh dunia. Mereka khususnya memuji akting Ellar Coltrane yang secara cemerlang  berakting dengan sangat baik sejak usia 6 tahun hingga 20 tahun. Film ini pun mendapatkan respon yang cukup positif dari para penonton dunia yang memuji alur cerita film yang begitu alami dan lancar.

Majalah populer seperti Rolling Stones, The Guardian, Los Angeles Review dan lain-lain, memberikan penilaian tertinggi untuk film ini, sebagai bukti bahwa film ini merupakan film berkelas yang sangat baik.

Tidak hanya itu. Film ini pun memenangi banyak penghargaan sebagai bukti kualitas film ini yang di atas rata-rata. Sebut saja penghargaan Best Director, Reader Jury, dan Prize of The Guild of German Art House Cinemas di Ajang Berlin International Film Festival (2013), Founder's Directing Award untuk San Francisco International Film Festival (2014), dan penghargaan Best Film, Best Director, dan Best Actress untuk Seattle International Film Festival (2014).



DO YOU KNOW? 
Film ini pertama kali ditayangkan tanggal 16 Januari 2014 dalam pembukaan Sundance Film Festival 2014. Festival ini sendiri berlangsung dari tanggal 16 - 24 Januari 2014.

Dikarenakan lamanya waktu pembuatan film , maka IFC - produser sekaligus perusahaan distribusi film ini - mengalokasikan bujet pembuatan film ini sebesar US$ 200,000 setiap tahunnya, sehingga total biaya yang dihabiskan untuk pembuatan film ini adalah US$ 2.4 juta (untuk 12 tahun).

Film ini meraup keuntungan finansial sebesar US$ 37.5 juta, menjadikannya sebagai film box-office yang sangat sukses.

Skenario film Boyhood dibuat saat proses shooting berlangsung, di mana setiap pemain utama ikut berpartisipasi dalam proses penulisan naskah.

Awalnya, film ini diberi judul The Twelve-Year Project. Pada pertengahan tahun 2013, Richard Linklater - sang sutradara - memutuskan memberikan judul film ini 12 Years. Tapi setelah film 12 Years A Slave (2013) memenangkan Oscar dan menjadi film box-office, dia kuatir akan timbul masalah. Karena itu dia menganti judul film ini menjadi Boyhood.

Selama 12 tahun proses pengerjaan film, Richard Linklater tidak pernah sedikit pun menunjukkan hasil kerjanya kepada IFC. IFC pun memberikan kebebasan kepada Linklater untuk menyelesaikan film tersebut tanpa pernah mempertanyakan hasil kerjanya.



FUN FACT
Boyhood bukanlah satu-satunya film yang mengisahkan tentang perkembangan hidup seseorang dan dibuat dalam kurun waktu yang panjang. The Children Of Golzow merupakan film bertema serupa. Dibuat dalam bentuk dokumenter dan menampilkan perkembangan hidup beberapa orang, mulai dari masih anak-anak pada tahun 1961 hingga usia lanjut di tahun 2007. Total waktu yang dibutuhkan untuk shooting film tersebut adalah 46 tahun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar