Senin, 12 November 2018

God Friended Me (2018 - onward)


Judul TV Seri      : God Friended Me
Ditayangkan     : CBS
Pemeran      : Brandon Micheal Hall, Violett Beane, Javicia Leslie, Suraj Sharma
Tanggal tayang       : 30 September 2018
Total episode          : 10 

Bagi pengguna jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, maupun grup WhatsApp, tentu sudah menjadi hal jamak jika melihat status "friend" kita yang berisi doa atau keluhan kepada Tuhan. Kadang kita - termasuk saya - jengkel juga, karena status itu terkesan lebay (padahal kalo dipikir-pikir lagi, itu status orang lain, kenapa saya yang kepo ya? Hehehe....). Selain itu, jelas-jelas Tuhan tidak ada dalam daftar "friend" di jejaring sosial, ngapain ngeluh dan "berdoa" di sana?

Mungkin hal ini yang kemudian menjadi ide terciptanya serial drama-komedi keluaran jaringan televisi CBS ini. Serial bertotal 10 episode ini cukup menggelitik, karena merupakan sindiran bagi orang-orang yang tidak percaya Tuhan dan terlalu lama bergaul dengan gadget.

Serial God Friended Me tidak hanya berisi pesan sarkastis tentang kondisi manusia sekarang, namun juga eksplorasi iman seseorang. Tuhan tidak selalu menggunakan orang-orang yang percaya pada-Nya untuk menjalankan misi-Nya, tetapi Tuhan pun bisa menggunakan orang-orang yang tidak percaya padanya.

Dalam serial ini, Miles Finer (Brandon Micheal Hall) adalah anak dari seorang Pendeta. Meski ayahnya adalah pendeta yang sangat dihormati, Miles sendiri tidak percaya Kristus dan memilih menjadi seorang ateis. Sebagai seorang DJ dan Penyiar Radio, Miles menggunakan berbagai kesempatan untuk mencela Tuhan dan menyatakan ketidak-percayaannya pada Dia.

Satu ketika - saat sedang membuka akun Facebook - dia mendapat permintaan pertemanan (Friend Request) dari "Tuhan" (God). Awalnya dia mengira ajakan pertemanan ini hanyalah hoax, karena itu dia mengabaikannya.

Tetapi ajakan pertemanan itu terus-menerus muncul. Bahkan "Tuhan" kemudian memberikan Miles beberapa petunjuk dan memintanya untuk mengikuti petunjuk itu. Rupanya petunjuk yang diberikan Tuhan merupakan petunjuk untuk menyelamatkan seseorang yang berniat bunuh diri dengan meloncat ke rel kereta bawah tanah. Sebelum orang tersebut bunuh diri, Miles berhasil menyelamatkannya.

Selanjutnya Miles banyak mendapatkan petunjuk-petunjuk dari "Tuhan" via Facebook yang memintanya untuk menolong orang. Meski awalnya masih beranggapan kalau semua itu hanyalah tindakan iseng teman-temannya, namun lama-kelamaan iman Miles goyah. Meski masih memegang teguh keateisannya, tetapi dia mulai mengakui kalau Tuhan itu ada, dan ingin dia berbuat sesuatu untuk sesama.

Serial God Friended Me merupakan sebuah serial televisi rohani yang dirilis oleh jaringan televisi CBS, yang sebelumnya tidak pernah merilis acara bertema rohani sekalipun. Kemunculan serial ini di jaringan televisi sekuler, menunjukkan bahwa banyak orang sebenarnya haus dengan hal bersifat kerohanian. Mereka sudah lelah dengan kondisi dunia masa kini, dan butuh pertolongan. Sayangnya, di dunia milenial seperti sekarang, orang cenderung memilih bergaul dan mencari pertolongan di dunia maya. Bahkan berdoa pun dilakukan di jejaring sosial, seolah-olah Tuhan ada di sana.

Serial ini sepertinya menjawab "doa" banyak orang, jika Tuhan benar-benar ada di jejaring sosial, apakah Anda akan mempercayai keberadaan-Nya? Apakah Anda akan mau mendengar kata-kata-Nya? Apakah Anda mengimani diri-Nya? Apakah mau bekerja bagi-Nya?

Kemunculan serial ini juga merupakan sebuah bentuk keprihatinan terhadap iman Generasi Milenial yang makin hari makin menurun. Banyak kaum milenial yang memilih tidak beragama, meski ber-rohani (spiritual). Serial ini mengingatkan kembali kepada Generasi Milenial tentang siapa Kristus dan siapa Tuhan yang harus kita sembah.

Sebagai hiburan, God Friended Me adalah sebuah serial yang menarik untuk ditonton sekeluarga, terutama para remaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar