Jumat, 31 Agustus 2018

The Apparation (2018)


Sudah cukup lama tidak ada film bertema Kristiani berkualitas yang beredar di pasaran. Jadi cukup wajar jika saya sudah lama tidak memberikan rekomendasi film rohani apapun di blog ini. Tapi baru-baru ini saya menemukan film thriller-misteri bertema Ajaran Kristiani yang sangat menarik. Judulnya The Apparition (judul Perancis : L'Apparation).

Film ini merupakan film produksi Perancis yang sudah ditayangkan tanggal 3 Agustus 2018 silam. Disutradarai Xavier Gianolli, dengan diperani Vincent Lindon, Galatea Bellugi, dan Patrick d'Assumcao, film ini mengadaptasi sebuah kejadian fenomenal yang pernah terjadi beberapa waktu lalu.

Jacques (Lindon), seorang jurnalis terkemuka Perancis sekaligus investigator mendapat permintaan dari Uskup Vatikan untuk menyidiki seorang gadis remaja bernama Anna (Galatea Bellugi), yang mengaku melihat penampakan Bunda Maria. Dengan sangat gamblang, Anna mampu menggambarkan bagaimana perjumpaan spiritualnya dengan sosok Bunda Maria.

Pasca perjumpaannya dengan Bunda Maria, hidup Anna berubah. Banyak orang yang percaya, jika mereka bisa dekat dengan Anna, maka hidup mereka akan terberkati dan mendapatkan banyak mujizat, termasuk kesembuhan penyakit, perubahan nasib, dan lain-lain. Dalam waktu singkat, kabar tentang "mujizat" yang dibuat Anna menyebar ke seluruh dunia, dan banyak orang menjadi pengikut fanatiknya.

Gereja Vatikan kuatir kalau Anna melakukan penipuan demi mendapatkan keuntungan pribadi. Karena itulah, mereka meminta Jacques untuk menyidiki latar-belakang Anna. Jacques menemukan kalau Anna adalah anak yatim piatu yang pernah mengalami kejadian traumatik di masa kecil. Penemuan itu menimbulkan keraguan pada Jacques tentang kebenaran perjumpaan Anna dengan Bunda Maria. Dia pun semakin dalam menyidiki siapa Anna sebenarnya.

Namun semakin dalam mencari kebenaran, Jacques menemukan semakin banyak fakta mencengangkan tentang diri Anna. Jacques yang awalnya seorang skeptis, mulai goyah dan mengakui kalau ada sesuatu yang "berbeda" dalam diri Anna. Tetapi ketika imannya telah terbentuk, Jacques dibenturkan pada fakta kalau Vatikan tidak mengakui mujizat dan tidak percaya dengan fenomena penampakan Bunda Maria tersebut.

Benarkah Bunda Maria hadir di hadapan Anna? Apa pesan yang ingin disampaikan-Nya pada manusia? Mampukah Anna menuntaskan misi yang diberikan Bunda Maria padanya, dan apakah Jacques mampu menjadi pelindung Anna sekaligus membantunya menuntaskan misi tersebut?

Secara umum, film ini sebenarnya lebih menampilkan perjalanan iman sosok Jacques, yang berawal sebagai orang yang tidak percaya dengan mujizat Tuhan, lalu perlahan mempercayainya setelah mengalami serangkaian mujizat yang tidak dapat dijelaskan secara ilmiah. Apa yang dialami Jacques justru berbanding terbalik dengan orang-orang yang mengaku percaya dengan Kristus dan mujizat-Nya, namun tidak bisa menerima saat dihadapkan pada mujizat itu sendiri.

Film ini sedikit-banyak memberikan gambaran tentang betapa rapuhnya iman manusia sebenarnya. Di satu sisi mereka meyakini Kristus, tetapi di sisi lain mereka tidak percaya dengan mujizat yang dibuat-Nya. Sebuah hal yang kontras, yang kadang membuat kita sering mempertanyakan, seberapa dekatkah kita dengan Allah sebenarnya?



DO YOU KNOW? 
Film ini terinspirasi kisah Santa Bernadette dari Lourdes yang hidup di tahun 1850an. Di masa itu, seorang gadis muda 14 tahun bernama Bernadette mengaku berjumpa Bunda Maria sebanyak 18 kali. Perjumpaan gadis kelahiran kota Lourder, Perancis tersebut membuat banyak penasaran dan mengunjungi kota kecil tersebut. Berdasarkan cerita dari mulut ke mulut, banyak orang percaya kalau Bernadette dapat membuat banyak mujizat. Berkat kabar itu, Lourdes menjadi sangat terkenal dan menjadi objek perjalanan ibadah suci pengikut Agama Katolik.

Hingga hari ini, setelah berabad-abad meninggalnya Bernadette - yang kini diangkat menjadi Orang Suci dengan Gelar Santa Bernadette dari Lourdes - banyak orang yang percaya kalau Santa Bernadette masih tetap memberkati Kota Lourdes sebagai Kota Suci yang dapat mengabulkan doa banyak orang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar