Sabtu, 05 Agustus 2017

Recommended Movie - DEALER / HEALER (毒。誡)


Judul Film              : Dealer / Healer
Sutradara                : Lawrence Ah Mon
Pemeran                 : Sean Lau, Gordon Lam, Jiang Yi Yan, Louis Koo, Ng Man Tat
Tanggal tayang       : 18 Mei 2017

Film drama-eksyen Hong Kong ini terbilang spesial karena mengangkat kisah nyata pertobatan seorang Pemimpin Geng Hong Kong yang cukup disegani di era 1960-an bernama Peter Chan.

Peter Chan / Cheater Chan atau Chen Hua (Sean Lau) adalah seorang Pemimpin Geng yang cukup ditakuti di era 1960-an. Sejak masih muda, Chan sudah dikenal sebagai Pemimpin Geng "13 Anak Nakal dari Tze Wan Shan" (Tze Wan Shan adalah sebuah wilayah kumuh di pinggiran kota Kowloon).  Saat menginjak usia remaja, dia bergabung dengan sebuah kelompok triad di Kowloon dan menjadi pengedar narkoba. Selain menjadi pengedar, dia pun juga menjadi pengguna narkoba.

Kebiasaannya menggunakan narkoba tidak lepas dari ayahnya yang juga adalah seorang pengguna narkoba. Dulunya, Sang Ayah adalah orang yang sangat kaya raya. Tetapi karena suka menggunakan narkoba, maka lambat-laun semua hartanya habis untuk membeli obat haram tersebut. Akhirnya di usia lanjut, sang ayah meninggal karena over-dosis.

Kehidupan Chan berubah setelah dia tertangkap dalam sebuah penggerebekan yang dilakukan polisi, dan membuat dia harus merasakan sel penjara selama 5 tahun. Setelah keluar dari penjara, Chan pun masuk rehabilitasi narkoba dan bekerja di Dinas Rehabilitasi Narkoba bagi Remaja. Meski sudah bekerja cukup baik, tetapi dia dipandang sebelah mata oleh para Petugas Senior di tempat itu. Bahkan Chan berusaha disingkirkan karena dianggap terlalu "cemerlang" sehingga dapat menghambat karir para senior di tempat itu.

Chan akhirnya memutuskan keluar dari Dinas tersebut dan membuka sendiri Yayasan Rehabilitasi bagi Remaja Pengguna Narkoba.

Film drama ini cukup menarik dan sangat menyentuh. Dan meski film ini sebenarnya mengandung pengajaran Kristiani, Sutradara Lawrence Ah Mon dengan cerdas mengemas film ini menjadi sebuah tontonan drama yang sangat apik, yang tidak terlalu menonjolkan sisi keagamaan, sehingga film ini dapat diterima oleh masyarakat secara luas.

Di Hong Kong dan China sendiri, film ini mendapatkan respon yang sangat baik, mengingat nama Peter Chan sangat familiar dan terkenal di negara tersebut. Wajar jika film ini kemudian menjadi salah satu film box office di bulan Mei 2017. 



ABOUT PETER CHAN
Meski sosoknya tampak sangat santun dan bijaksana, Anda tidak akan menyangka kalau di masa mudanya Peter Chan (陳慎芝; Chen Si Zhi) adalah tokoh yang sangat ditakuti. Dia adalah mantan anggota triad di wilayah Tze Wan Shan, Kowloon, yang cukup terkenal di era 1960-an. Sepak terjangnya sangat disegani masyarakat Kowloon, dan dia dikenal karena kekajamannya yang tidak kenal ampun. 

Perubahan hidupnya terjadi pada tahun 1973, di mana dalam sebuah perkelahian antar triad, Chan mengalami luka serius yang nyaris merengut nyawanya. Beruntung dia mendapat bantuan dari sebuah gereja yang berada di tengah perkelahian, sehingga nyawanya terselamatkan. Sejak itu dia bertobat dan menerima Yesus Kristus sebagai Juru Selamat.

Meski sudah dibabtis dan menjadi Kristen, Peter Chan masih belum dapat melepaskan dirinya dari kecanduan narkoba. Karena itu, dengan bantuan Gereja, Peter Chan akhirnya mengikuti program detokfikasi dan berhasil sembuh total di tahun 1974.

Pasca lepas dari keterikatan dengan narkoba, Peter Chan memfokuskan pekerjaannya pada penyelamatan para remaja Hong Kong yang mengalami kecanduan narkoba. Lewat usahanya yang pantang menyerah, dia berhasil merehabilitasi banyak remaja Hong Kong. Selain itu, Peter Chan pun berhasil mengangkat harkat hidup para mantan pecandu narkoba sehingga mereka dapat diterima kembali oleh masyarakat, bahkan mampu berkarir layaknya orang kebanyakan pada umumnya. Atas prestasinya, Peter Chan mendapatkan penghargaan "Top Ten Outstanding Young People in Hong Kong" tahun 1987.

Kini Peter Chan masih aktif bekerja di Panti Rehabilitasi Narkoba bagi Remaja yang terletak di sebuah gereja di Tze Wan Shan, Kownloon. Usahanya dalam menyelamatkan remaja Hong Kong dari jerat narkoba sangat diapresiasi Pemerintah Hong Kong, sehingga Peter Chan sering diundang menjadi Pembicara dan Motivator acara Anti-Narkoba, baik yang diadakan di Hong Kong maupun negara lain.
Poster film "Those Were The Days...." (1995)

Sebelum film Dealer / Healer, kisah hidup Peter Chan sudah pernah diadaptasi dalam film Those Were The Days ... (慈雲山十三太保; 1995) yang disutradarai oleh Billy Tang. Di film itu, aktor Eric Mo dipercayai untuk memerani sosok Peter Chan. Sedangkan aktor pendukung lain dalam film itu adalah Francis Ng, Kent Cheng, dan Joey Meng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar