Senin, 08 Agustus 2016

Movie Recommended - GOD'S NOT DEAD 2


Judul Film      : God's Not Dead 2
Sutradara        : Harold Cronk
Pemeran         : Melissa Joan Hart, Jesse Metcalfe, David A.R. White, Hayley Orrantia
Tanggal rilis   : 1 April 2016

Dua tahun silam, film God's Not Dead menjadi sebuah film rohani yang cukup kontroversial, di mana film - yang diangkat dari kisah nyata - itu mengisahkan tentang seorang profesor atheis yang meminta muridnya untuk membuktikan kalau Tuhan itu ada (untuk membaca resensi lengkap film tersebut, Anda bisa mengklik link berikut ini ). Film tersebut ternyata sukses besar. Bahkan kesuksesannya secara finansial nyaris seimbang dengan film-film sekuler Hollywood yang beredar di waktu itu, sehingga menempatkannya di 5 Besar Box Office Hollywood.

Atas kesuksesan film tersebut, maka dibuatlah sekuel God's Not Dead yang dirilis April 2016 silam. Meski tidak punya keterkaitan secara langsung dengan film pertamanya, film God's Not Dead 2 menggunakan setting cerita yang sama, yaitu tentang pergumulan iman di dalam sekolah.

Kali ini cerita berfokus pada Grace Wesley (Melissa Joan Hart) yang mengajar Pelajaran Sejarah di sebuah perguruan tinggi Amerika Serikat. Dia adalah seorang guru beragama Kristen yang secara intens rajin menyisipkan Kebenaran Alkitab di sela-sela pelajarannya. Satu ketika, salah seorang muridnya - Brooke Thawley (Hayley Orrantia) - dipaksa orang tuanya (yang atheis) untuk berhenti dari sekolah setelah saudara laki-lakinya meninggal dunia.

Grace kemudian memberikan pengertian pada Brooke tentang kasih Kristus, di mana di dalam kasih itu ada harapan. Dari sana, hati Brooke mulai terbuka dan tertarik untuk mengenal lebih dekat sosok Yesus Kristus. Secara tidak sengaja, dia menemukan Alkitab saudara laki-lakinya yang tersimpan di rumah. Lewat Alkitab itu, Brooke mulai belajar tentang kepribadian Kristus.

Sementara itu, dampak dari pengenalan Alkitab yang dilakukan Grace kepada murid-muridnya cukup luar biasa, karena ternyata banyak dari mereka yang sebelumnya tidak tahu Yesus Kristus, menjadi tertarik mengenal Krists lebih dalam. Tindakan Grace diketahui oleh Kepala Sekolah Kinney (Robin Givens) yang adalah seorang Ateis.

Akibat perbuatannya, Grace disidang Dewan Sekolah karena dinilai telah melanggar etika sekolah, di mana seorang guru tidak diizinkan mencampurkan ajaran agama dan pelajaran sekolah. Dia terancam dipecat dari sekolahnya.Orang tua murid pun setuju kalau Grace dipecat dari sekolah. Tidak hanya sampai di situ, Grace pun terancam dipidanakan karena dianggap mengajarkan "pengetahuan sesat".

Kasus Grace menarik perhatian Tom Endler, (Jesse Metcalfe), seorang Pengacara yang juga pengikut Ajaran Kristen Karismatik. Dia kemudian mengajukan diri untuk membela Grace. Sementara itu, kasus makin memanas dan posisi Grace makin terancam. Terlebih semua saksi dan hakim dalam persidangan adalah orang-orang Ateis, sehingga dapat dipastikan Grace akan kalah dan masuk penjara. Jaksa Penuntut Pete Kane (Ray Wise) kemudian menawarkan pembatalan tuntutan asal Grace bersedia mengakui kesalahannya telah mengajarkan hal yang keliru tentang Yesus Kristus dan Grace setuju untuk mengakui "Tuhan telah Mati".

Namun Grace tetap berpegang teguh pada imannya, sehingga dia pun tetap melanjutkan pengadilan yang tidak adil itu. Dan di sanalah kuasa Tuhan bekerja bagi Grace. Dia tidak saja terbebas dari jerat hukum, tetapi Grace berhasil memenangkan banyak jiwa di persidangan itu.

Film ini mengandung moral cerita yang sangat mendalam tentang bagaimana kita - sebagai pengikut Kristus - harus berani berpegang teguh pada iman kita, meski dalam kondisi apapun. Film ini juga berisi sindiran sekaligus protes kepada Pemerintah Amerika Serikat yang belakangan ini membatasi pelajaran Agama di sekolah, terutama Agama Kristen. Pembatasan ini menyebabkan banyak keluarga Amerika yang kini memilih menjadi Ateis, dan tidak lagi mengenal Yesus Kristus. Melalui film ini, diharapkan masyarakat Amerika Serikat bisa terus diingatkan tentang Yesus Kristus, dan Dia tetap hidup di hati orang-orang yang percaya pada-Nya.

Sama seperti seri sebelumya, film ini pun meraih kesuksesan finansial yang luar biasa. Dibuat dengan dana US$ 5 juta, film ini mampu meraup keuntungan sebesar US$ 23.4 juta. Bahkan saat pertama kali dirilis, perolehan film ini ternyata mampu membuatnya bersaing dengan film-film sekuler dan menempatkannya berada di posisi keempat Box Office Film Dunia di bawah Batman v. Superman : Dawn of Justice, Zootopia, dan My Big Fat Greet Wedding 2.



DO YOU KNOW ?
Melissa Joan Hart - pemeran Grace Wesley - sebelumnya dikenal sebagai Sabrina Spellman dalam serial televisi populer Sabrina the Teenage Witch (1996 - 2003). Pasca menikah dengan pemusik Mark Wilkerson (vokalis grup rock Course of Nature), Hart mengurangi aktivitasnya di dunia film dan banyak berfokus pada bisnis makanan dan pakaian. Keluarga Melissa dan Mark dikenal sebagai keluarga Kristen yang sangat taat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar