Selasa, 09 Agustus 2016

Movie Recommended - BEN HUR (2016)


Judul Film        : Ben-Hur
Sutradara          : Timur Bekmambetov
Pemeran           : Jack Huston, Morgan Freeman, Toby Kebbell, Nazanin Bodiadi, Haluk Bilginer
Tanggal tayang : 19 Agustus 2016

Ben-Hur adalah salah satu literatur klasik yang paling berpengaruh dalam perkembangan agama Kristen di Amerika Serikat. Ditulis oleh Lew Wallace dan diterbitkan dalam bentuk novel tahun 1880 dengan judul Ben-Hur : A Tale of the Christ, tulisan tersebut menjadi sangat terkenal dan meleganda hingga hari ini.

Kisah Ben-Hur telah diadaptasi dalam bentuk film layar lebar sebanyak 4 kali. Yang pertama dibuat tahun 1907 dan 1925 dalam bentuk film bisu. Pada tahun 1959, Ben-Hur diadaptasi kembali ke layar lebar dengan disutradarai William Wyler, dengan diperani Charlton Heston, Stephen Boyd, Jack Hawkins, Hugh Griffith, dan Haya Harareet. Film terakhir di masa itu merupakan film termahal yang pernah dibuat (US$ 15,7 juta), dan terkenal karena jumlah pemainnya yang sangat banyak (lebih dari 10,000 orang artis) serta bangunan dan pertandingan balap kereta kudanya yang sangat mendebarkan. Film tersebut tidak saja menjadi salah satu film terlaris di masanya (meraup keuntungan finansial hingga US$ 146.9 juta), tetapi juga memegang rekor sebagai Film Peraih Penghargaan Oscar Terbanyak di masa itu (11 piala Oscar).

Tahun 2003, cerita Ben-Hur kembali diadaptasi dalam bentuk film animasi. Charlton Heston - pemeran Ben Hur di film adaptasi tahun 1959 - menjadi pengisi suara Ben Hur di film animasi ini.

Adaptasi paling anyar Ben-Hur adalah film ini, yang mana akan dirilis tanggal 19 Agustus 2016 mendatang. Meski ceritanya tetap bersumber pada novel karya Lew Wallace tersebut, tetapi film ini bisa dikatakan merupakan "interpretasi baru" dari novel tersebut, di mana alur cerita yang diangkat sama sekali baru dan menggunakan perspektif yang sama sekali berbeda dengan film-film adaptasi sebelumnya.

Judah Ben-Hur (Jack Huston) adalah seorang Pangeran Yahudi yang tinggal di Yerusalem. Dia hidup damai bersama orang tua serta adik angkatnya, Messala (Toby Kebbell). Messala, yang bekerja sebagai perwira Romawi, iri dengan perhatian yang diterima Ben-Hur dari keluarganya. Karena itu, untuk mendapatkan perhatian dan harta keluarga angkatnya, maka dia memfitnah dan mengatakan kalau Ben-Hur berniat membunuhnya. Akibatnya, Ben-Hur ditangkap dan menjalani hidup sebagai budak Romawi.

Selama 5 tahun hidup sebagai budak, Ben-Hur mempersiapkan rencana untuk melarikan diri dan mencari kesempatan untuk membunuh Messala. Tetapi hidupnya kemudian berubah setelah dia berjumpa dengan Yesus Kristus (Rodrigo Santoro). Lewat pertemuan itulah, Ben-Hur akhirnya bertobat dan ikut Yesus. Dia mencoba melupakan perseteruannya dengan Messala. Namun tatkala Messala menantangnya melakukan lomba balap kereta kuda, Ben-Hur pun menurutinya. Dan terjadilah perlombaan hidup-mati yang akan menentukan masa depan kedua saudara angkat tersebut.

Meski cerita yang diangkat adalah cerita fiksi, namun khusus untuk Yesus Kristus, Sutradara Timur Bekmambetov menggunakan Alkitab sebagai alat untuk menampilkan kepribadian Kristus. Hal ini dilakukan agar penonton bisa benar-benar melihat sosok Kristus seakurat mungkin seperti yang digambarkan Alkitab.



TENTANG LEW WALLACE
Seperti yang sudah ditulis di atas, bahwa Ben-Hur merupakan film adaptasi dari novel legendaris Ben-Hur : A Tale of the Christ, yang ditulis oleh Lew Wallace dan diterbitkan tahun 1880. Lew - lahir dengan nama lengkap Lewis Wallace - adalah pria kelahiran Brookville, Indiana, tahun 1827. Semasa hidupnya, Lew Wallace adalah seorang Pengacara. Dia pernah terjun dalam Perang Sipil Amerika Serikat dan menjabat sebagai Jendral Perserikatan. Selain itu, dia pun pernah memegang jabatan sebagai Gubernur New Mexico Territory.

Novel Ben-Hur : A Tale of the Christ ditulis Lew Wallace antara tahun 1870 - 1873, saat dia masih menempuh pendidikan Hukum. Dia menulis novel tersebut untuk mengalihkan perhatiannya dari pelajaran, agar tidak jenuh. Di luar dugaan, saat dirilis tahun 1880, novel itu laris-manis terjual dan membuatnya kaya-raya.

Karena setting cerita novelnya adalah Yerusalem dan Tanah Suci, padahal Wallace sendiri belum pernah ke sana saat novel tersebut dibuatnya, maka untuk bisa mendapatkan referensi tentang kondisi Yerusalem, Lew Wallace menggunakan peta geografi dan buku-buku sejarah yang terdapat di Library of Congress di Washington DC.

Sebelum menulis Ben-Hur, Lew Wallace sebenarnya sudah menulis novel pertamanya berjudul The Fair God. Novel itu sudah dirampungkannya sejak tahun 1843, namun baru dirilis tahun 1873.

Tahun 1900, Ben-Hur berada di puncak popularitasnya dan menjadi novel Amerika Serikat paling laris di masa itu. Novel itu pun disebut sebagai Novel Kristen Paling Berpengaruh di Abad 19. Hingga hari ini, novel Ben-Hur terus-menerus mengalami cetak ulang dan disebut-sebut sebagai novel "yang tidak akan pernah berhenti dicetak ulang" karena masih banyak orang yang meminati ceritanya.



DO YOU KNOW? 
Saat dipercaya memerani peran Yesus Kristus di film ini, Aktor Rodrigo Santoro merasa sangat tersanjung sekaligus ragu jika bisa memerani peran yang sedemikian besar. Untuk itu, agar dapat melakukan perannya dengan baik, Santoro meminta Paus Francis secara khusus mendoakan dan memberikan berkatnya. Paus Francis menerima Santoro dan memberikan berkatnya pada aktor itu.

Keseluruhan pengambilan gambar film ini dilakukan di Roma, Italia selama 6 bulan (sejak 2 Februari 2015 hingga akhir Agustus 2015).

Ben-Hur akan menjadi pertaruhan cukup besar buat perusahaan film MGM yang mendanai film ini, karena MGM baru-baru ini nyaris bangkrut setelah film-film yang mereka produseri beberapa tahun terakhir ini kurang sukses. Mereka cukup terselamatkan setelah film James Bond ke-23 Skyfall (2012) dan The Hobbit : An Unexpected Journey (2012) meraup keuntungan yang cukup fantastis (akumulasi keduanya melebihi US$ 1 milyar).

Film ini akan dirilis di seluruh dunia dalam format film 2D konvensional, 3D, RealD, Digital 3D, dan IMAX 3D.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar